Sabtu, 17 April 2010

perilaku konsumen dan produsen

PERILAKU KONSUMEN

Macam pendekatan pada konsumen untuk mempelajari tingkah laku ada 2 macam :

A. Pendekatan marginal utility (Cardinal)
Pendekatan ini berpendapat bahwa kepuasan konsumen dapat diukur dengan satu satuan missal: uang
B. Pendekatan Indifference Curve (Ordinal)
Pendekatan ini berpendapat bahwa kepuasan konsumen hanya dapat dinyatakan dengan lebih tinggi atau lebih rendah.

.Pengertian Elastisitas
menggambarkan derajat kepekaan/respon dari jumlah barang yang diminta/ ditawarkan akibat perubahan faktor yang mempengaruhinya.
pada dasrnya ada tiga variabel utama yang mempengaruhi elastisitas. Yang di kenal dengan 3 elastisitas permintaan:
1. Elastisitas harga permintaan
2. Elastisitas silang
3. Elastisitas Pendapat

Elastisitas harga permintaan
derajat kepekaan/ respon jumlah permintaan akibat perubahan harga barang tersebut atau dengan kata lain merupakan perbadingan daripada persentasi perubahan jumlah barang yang diminta dengan prosentase perubahan pada harga di pasar, sesuai dengan hukum permintaan.

Elastisitas Silang
Permintaan konsumen terhadap suatu barang tidak hanya tergantung pada harga barang tersebut. Tetapi juga pada preferensi konsumen,harga barang subsitusi dan komplementer Dan juga pendapatan.

Elastisitas Pendapatan
Suatu perubahan (peningkatan/penurunan) daripada pendapatan konsumer akan berpengaruh terhadap permintaan berbagai barang, besarnya pengaruh perobahan tersebut diukur.


PERILAKU PRODUSEN

Produk production
produk yang dihasilkan tersebut tergantung dari nilai faktor produksi yang dikorbankan dalam proses produksinya. Keterkaitan antara nilai produk (output) dengan nilai faktor (input) dalam proses produksi .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar