Jumat, 13 November 2009

KEPEMIMPINAN
dalam suatu organisani pemimpin adalah puncak dari suatu oraganisasi.pemimpin juga membawa pengaruh yang besar terhadap organisasi , ketika seorang pimpinan mengambil sebuah keputusan yang keliru atau merugikan anggotanya pemimpin tersebut bisa dinggap gagal dalam menjalankan tugasnya. menjadi seorang pemimpin bukanlah suatu hal yang gampang untuk dilaksanakan, walaupun terkadang pemimpin di ikuti dengan fasilitas yang menunjang di dekatnya namun bukan berarti menjadi pemimpin itu suatu hal yang mudah.
kepemimpinan adalah proses mempengaruhi dalam menentukan tujuan organisasi, memotivasi perilaku pengikut untuk mencapai tujuan, mempengaruhi untuk memperbaiki kelompok.
gaya kepemimpinan
berbagai macam gaya kepemimpinan dapat kita temui, ada pemimpin yang haus akan kekuasan. namun ada pula pemimpin yang ingin kelompok atau organisasi yang dipimpinnya maju.
ada 3 gaya kepemimpinan:
  1. otokratis atu otoriter gaya kepemimpinan ini menggunakan metode pendekatan kekuasaan dalam mencapai keputusan dan pengembangan strukturnya. Jadi kekuasaan yang sangat dominan diterapkan.
  2. demokrasi gaya kepemimpinan seperti ini menggunakan metode pendekatan kepada anggotanya,gaya kepemimpian seperti ini cenderung arif dan bijaksana karena sang pemimpin tidak hanya mengikuti kemauannya sendiri dalam mencapai suatu tujuan.
  3. kendali bebas gaya gaya kepemimpinan yang cenderung pasif karena memberikan kebebasan selonggar-longgarnya kepada anggota dan bawahannya.sehingga struktur organisasinya bersifat sangat longgar.
pemimpin ideal
pemimpin ideal yang didambakan setiap orang berbeda-beda.menurut saya pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang bijaksana dalam pengmbilan keputusan dan bersikap.keputusan adalah sebuah jalan penting yang akan ditempuh kedepannya guna kemajuan suatu organisasi. jika untuk mengambil keputusan saja seorang pemimpin lamban dan tidak tepat maka eksistensi organisasi tersebut pasti akan dipertanyakan.sikap dan tingkah laku adalah gambaran dari diri pemimpin iitu sendiri, jika pemimpin bersikap buruk maka membuat buruk nama pemimpin tersebut di mata anggota dan membuat orang memandang miring organisasi yang ia kelola.seorang pemimpin pun harus berwawasan luas dan pintar,seseorang yang berwawasan luas dan pintar semestinya berpikiran maju dan terbuka.
ada 3 teori tentang pemimpin, ada yang berpendapat bahwa pemimpin itu dilahirkan maksud kata di lahirkan adalah seorang pemimpin tercipta karena takdir dan pembawaan lahirnya. teori yang kedua menyatakan bahwa pemimpin itu ad karena didikan dari lingkungan sosialnya, maksudnya adalah seorang pemimpin tercipta karena dia hidup di lingkungan sosial dan didikan sosial yang telah disiapkan untuk menjadi seorang pemimpin.sedangkan teori yang ketiga adalah gabuangan dari kedua pendapat diatas. pemimpin itu memang dilahirkan dan didik untuk menjadi seorang pemimpin. maksudnya adalah setiap orang pasti membawa sifat pemimpin dalam dirinya , semua kembali kepada individu masing-masing apakah ia akan menggali potensi pemimpin yang dia miliki atau hanya akan disia-siakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar