Jumat, 13 November 2009

ORGANISASI

ORGANISASI
definisi dari organisasi sebenarrnya sanagt luas tetapi memiliki inti yang sama yaitu sekumpulan manusia yang memiliki tujuan yang sama. contoh terkecil dari organisasi adalah keluarga dimana terdiri dari suami dan istri.oraganisasi haruslah membawa efek yang baik bagii para anggotanya.faktor-faktor orang mengikuti ornganisasi:
  • agar permasalahan lebih cepat terselesaikan.seseorang mengikuti organisasi pasti memiliki tujuan, dalam mencapai tujuan tersebut pastilah ada rintangan , hambatan atau permasalahan.dengan mengikuti organisasi permasalahan yang rumit bisa lebih mudah terselaikan dengan sharing ilmu atu membagi tugas.
  • pengalaman. pengalaman adalah suatu hal yang sangat berharga namun tidak dapat di beli dengan apapun, dengan mengikuti oragansasi anggota akan lebih kaya akan ilmu dan pengalaman yang bisa dimbil.
  • mengekspresikan jiwa.ketika kita bingung harus menuangkan pemikiran yang ada di kepala ata u berbagi mengikuti organisasi adalah suatu wadah yang bisa menampung pemikiran atau pengekspresian jiwa kita.
  • membuat status pada diri. organisasi bisa memberikan kita status atau pengakuan dari orang lain.
  • mengisi waktu luang untuk kegiatan bermanfaat. mengikuti organisasi dapat mengisi waktu luang kita dengan kegiatan yang jauh lebih berguna daripada hanya bermalas-malasan.
  • berlatih untuk berkerjasama. organisasi melatih para anggota untuk berkerjasam dengan rekannya dalam menyelesaikan suatu masalah,jadii para anggota sudah terlatih untuk percaya kepada rekannya dan tidak egois.
manajemen organisasi
suatu organisasi tidak akan berjalan dengan lancar bila tidak didukung dengan manjerial yang baik.untuk itu kita kan membahas tentang mnajemen organisasi.
arti dari manajemen itu sendiri berasal dari bahasa Prancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan .menurut Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.sedangkan Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.
fungsi dari manajemen adalah :
  • perencanaan. perencanaan adalah bagian terpenting dalam memulai suatu kegiatan
  • pengorganisasian. pembagian bagian kerja dapat mempermudah suatu permasalahan terpecahkan.
  • pendorong. tindakan dimana anggota darii suatu organisasi terrmotifasi untuk menyelesaikan permasalahan yang ada guna mencapai suatu tujuan.
  • pengendalian. pengawasan terhadap jalannya suatu kegiatan agar jika terjadi suatu kesalahan dapat ditanggulangi sedini mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar